Readers

Film Pendek : Are You The Favorite Person of Anybody (2005)


https://s3.amazonaws.com/auteurs_production/images/film/are-you-the-favorite-person-of-anybody/w1280/are-you-the-favorite-person-of-anybody.jpg
Are You The Favorite Person of Anybody? // 2005 // Sutradara : Miguel Arteta, Amerika // Pemain : Miranda July, John C. Reilly, Mike White

Miranda July yang lewat Me, You and Everyone We Know (2005) bicara tentang orang-orang kesepian dan putus asa dalam budaya digital (film yang sangat baik, secara jelas mewakili bagaimana kehidupan dan berbagai jenis orang di internet), bersama Miguel Arteta pernah membuat film pendek berjudul Are You The Favorite Person of Anybody di tahun yang sama. Di film  ini ia menjadi penulis. Are You Favorite yang hanya berdurasi sekitar 4 menit memasang nama aktor John C. Reilly, Mike White serta Miranda July sendiri. Amat sangat sederhana sebenarnya dan jangan harapkan ini adalah film pendek dengan narasi umum, melainkan lebih seperti film yang dibuat apa adanya dan berdasarkan pada kekuatan gagasan. Namun hal yang patut dipuji adalah bagaimana gaya Miranda July terlihat lagi. Ia adalah seseorang yang mampu memperlihatkan ide paling mungil dan sederhana, bahkan mungkin terkesan sepele namun kemudian bisa menjabarkannya dengan powerful. Para aktornya juga mendukung untuk membuat film kecil ini menjadi lebih kuat dan dalam; lihat ekspresi John C. Reilly setiap bertanya atau yang paling saya sukai adalah Mike White sebagai orang kedua yang kebetulan lewat. 

Ide utama dalam film hitam-putih ini adalah tentang cinta, patah hati dan kepercayaan. Tiga orang diberi pertanyaan "Are you favorite person of anybody?" dan memiliki jawaban yang berbeda-beda. Ada observasi dalam setiap respon dan ekspresi karakter saat berbicara, beberapa jawaban yang terdengar biasa ternyata menyiratkan kesedihan atau penolakan. Kita melihat ada yang ragu, ada yang putus asa dan ada yang memilih tidak percaya sama sekali.  Tokoh John C. Reilly sendiri sebenarnya adalah sosok yang misterius karena kita tidak bisa membaca apa tujuan awal ia melakukan survei ini (dan menyediakan buah jeruk sebagai hadiah). Apakah itu memang pekerjaannya? Atau sekedar analisis berdasarkan kehidupan yang ia jalani bersama istrinya?



Yang sama dengan Me and You adalah Miranda July kembali bicara tentang konsep orang asing (yang dalam beberapa interview-nya adalah tema yang menurutnya selalu menarik). Hanya saja bila sesudah menonton Me and You saya merasa menemukan harapan untuk bahagia, Are You Favorite Person of Anybody adalah film pendek yang meninggalkan perasaan sedih.



Filmnya sendiri bisa ditonton disini :

 



 

Comments

Other side of me

My MUBI

In Theaters